by

Niro Talua (Nita) Minuman Khas Tanah Datar

Minuman khas lain dari Sumbar yang tidak ditemukan di daerah lain adalah Niro Talua (Nira Telur). Niro Talua adalah minuman dari Nira yang di aduk dengan kuning telur. Minuman ini bisa kita jumpai di Nagari Baruah Bukit atau menjelang kawasan objek wisata Puncak Pato. Untuk mencapai lokasi Niro Talua yang berjarak ± 20 KM dari kota Batusangkar sangatlah mudah dengan infrastruktur jalan yang terbilang cukup bagus dan sangat gampang untuk dilewati.

Air Nira adalah cairan yang dihasilkan dari tandan bunga Anau/Aren dengan memalui proses penyadapan. Cairan nira mengandung gula antara 10-15% yang dapat di fermentasikan menjadi olahan tuak, gula aren, gula semut dan sebagainya. Selain rasanya yang manis air nira aren memiliki manfaat kesehatan dan sebagai obat alami untuk menjaga kesehatan tubuh,sehingga bisa menggantikan tenaga dan cairan tubuh yang hilang setelah beraktivitas.

Niro Talua juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan dan banyak orang mengaitkan untuk kesehatan diantaranya,dapat meningkatkan kekebalan tubuh, hal tersebut disebabkan oleh Nira Telur yang mengandung antioksidan dan bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh. Antioksidan membantu mencegah peradangan dan infeksi yang dapat menurunkan kekebalan tubuh. Niro Talua juga mampu meningkatkan energi dengan cepat, efek ini mampu mengatasi rasa lelah karena kekurangan energi.(Wahyu/GMP)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru