by

Kunjungan Pameran Lomba Foto Wisata Alam Bareh Solok dan Ekraf Expo 2019 “Meningkat Drastis”

Lomba Foto Wisata Alam Bareh Solok 2019 merupakan event lomba foto yang ke IV dilaksanakan Pemerintah Kota Solok yang bekerja sama dengan Komunitas Gajah Maharam Photography. Pertama kali dilaksanakan pada tahun 2016 dengan Dinas Pertanian Kota Solok, objek lomba fotonya hanya “hamparan sawah solok”. Pada tahun kedua sampai dengan tahun keempat dengan Dinas Pariwisata Kota Solok, objek lomba fotonya destinasi wisata (daya tarik wisata) dan event.

Tujuan dari lomba foto ini mempromosikan destinasi wisata serta event melalui fotografi (peserta diwajibkan mengupload di media sosial), meningkatkan angka kunjungan, menyalurkan hobby, kreatifitas dan sebagai ajang silaturahmi bagi para fotografer. Tahun 2018 dan 2019 kategori lomba dibagi 2 (dua) yaitu kategori umum dan kategori pelajar, yang bertujuan agar lomba foto ini menjadi tempat praktikum bagi pelajar yang memiliki jurusan fotografi di Sekolah Menengah Kejuruan dan menjadi penyemangat bagi para pelajar.

pameran

Selama ini peserta lomba foto wisata alam bareh solok tidak hanya para fotografer yang berasal dari Kabupaten/Kota di Sumatera Barat tetapi juga ada dari Jawa Tengah, Batam, Riau, Jakarta, Pekanbaru dan Medan. Hasil dari lomba ini, foto – fotonya digunakan sebagai bahan promosi bagi Pemerintah Kota Solok dan para pelaku usaha pariwisata.

pameran

Foto – foto yang dikirim peserta juga dipamerankan setiap tahunnya. Ditahun 2019 ini pamerannya sangat berbeda dari tahun – tahun sebelumnya, karena dikolaborasikan dengan Pameran Kurun Niaga (Komunitas Gubuak Kopi) dan Ekraf Expo 2019 (para pelaku ekonomi kreatif di Kota Solok), serta dilaksanakannya “Tour Edukasi” oleh para siswa/siswi SMP, SMA dan SMK, organisasi - organisasi wanita se- Kota Solok. Diperkirakan jumlah kunjungan sebanyak ± 1200 orang. Pameran ini dilaksanakan pada tanggal 11 – 15 November 2019 bertempat di Gedung Kubuang Tigo Baleh, Kota Solok.

pameran
pameran

Salah satu daya tarik pada pameran ini, yaitu dari sektor ekonomi kreatif dibidang batik juga memberikan pengetahuan kepada siswa/siswi dan para pengunjung bagaimana cara mencanting batik dan langsung praktek.(Mellya/GMP)

pameran

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru