by

“Baraja” Tiga Even di Sumatera Barat masuk Kharisma Even Nusantara 2022

-EVENT, TOURISM-513 views

Rang Solok Baralek Gadang dari Kota Solok masuk kedalam kalender Kharisma Event Nusantara Tahun 2022 (KEN) yang di tetapkan oleh Kemenparekraf di Jakarta,Selasa (1/3/2022).

Selain Rang Solok Baralek Gadang dari Kota Solok, terdapat juga dua even Sumatera Barat yang masuk kalender Kharisma Event Nusantara yaitu Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival (Sisca) dari Kota Sawahlunto, dan Festival Pesona Minangkabau dari Kabupaten Tanah Datar.

Rang Solok Baralek Gadang merupakan sebuah even perhelatan masyarakat Kota Solok dalam mengungkapkan rasa syukur dan kebahagian atas hasil panen yang melimpah. Event ini akan dilaksanakan pada bulan September 2022 bertempat di Hamparan sawah Solok, VI Suku, Kota Solok.

Kadispar Sumbar, luhur Budianda menyampaikan terima kasih kepada Kemenparekraf khususnya kepada Dewan Kurator baik ditingkat Kementerian maupun Provinsi atas bimbingannya, serta kepada Kabupaten dan Kota atas kerja keras dan semangat untuk meningkatkan kualitas event sehingga tiga buah event Sumatera Barat masuk ke dalam Kharisma Event Nusantara Tahun 2022.

"Kami yakin Sumbar bisa menambah lagi quota untuk diakui kedalam KEN 2023 mendatang.

“Sebelumnya terdapat tiga buah even yang masuk pada tahap akhir seleksi yaitu Festival Lima Danau dari Kabupaten Solok, Festival Seribu Rumah Gadang dari Kabupaten Solok Selatan dan Pesta Budaya Tabuik Piaman dan Exspo 2022 dari Kota Pariaman, namun ketiga event tersebut belum beruntung dan kami berharap untuk dapat menyempurnakan eventnya sesuai kriteria yang ditetapkan oleh Dewan Kurator Nasional Kemenparekraf, Kami yakin Sumbar bisa menambah lagi quota untuk diakui kedalam KEN 2023 mendatang " tutur Budi.

Kemenparekraf, Sandiaga Uno dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Berbagai even di berbagai daerah mengedepankan protokol kesehatan dan ini sebagai titik awal bangkitnya industri event di indonesia pada masa pandemi. KEN merupakan wadah kumpulan event-event berkualitas dari seluruh daerah di indonesia sejak diselenggarakannya tahun 2021.

“Kami bangga bahwa sekarang kita menancapkan tonggak penting serta harapan baru bagi kebangkitan dan harapan baru bagi industri even tanah air sekaligus untuk mendukung keinginan indonesia sebagai destinasi event di asia tenggara,”kata Sandiaga.

04010322

“Event ekonomi kreatif nusantara memiliki peran strategis sebagai roda penggerak ekonomi nasional mendukung promosi destinasi wisata daerah.meningkatkan kunjungan wisatawan dan citra pariwisata indonesia dimata dunia. Sejalan dengan arahan Bapak Presiden RI, Joko widodo dalam mendukung pemulihan ekonomi di industri pariwisata dan ekonomi kreatif di indonesia maka kita hari ini menyelenggarakan Kharisma Event Nusantara, sekaligus mendukung pengembangan dan peningkatan kualitas penyelenggaraan event di indonesia. Maka pada tahun 2022 ini Kemenparekraf kembali meluncurkan program Kharisma Even Nusantara 2022.

Kemenparekraf juga menjelaskan, Kharisma Even Nusantara merupakan kolaborasi kemenparekraf RI dengan pemerintah daerah melalui penyelenggaraan even berkualitas yang bertujuan untuk mempromosikan destinasi pariwisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dengan meningkatkan potensi lokal serta memberikan dampak posistif terhadap ekonomi sosial, budaya dan lingkungan yang berkelanjutan.

“ada lima aspek utama pemilihan KEN 2022 yaitu yang pertama aspek ide,potensi inovasi, kedua aspek pengembangan ekonomi kreatif, ketiga aspek even management, ke empat aspek seni pertunjukan dan budaya dan kelima aspek strategi komunikasi dan media. Pada tahun 2022 ini kami menerima usulan sebanyak 319 even dari 34 provinsi jumlah ini meningkat sebanyak 17 even dibanding tahun 2021 sebanyak 302 usulan even. Kemudian usulan even ini di kurasi pada tahap satu dan tahap dua kemudian diperoleh 171 even yang layak untuk melakukan persentasi di depan para kurator dan pada akhirnya terpilih sebanyak 110 kharisma even nusantara tahun 2022 yang terdiri dari Top teen dan 100 even KEN dari 34 provinsi serta kabupaten kota di indonesia,”kata Kemenparekraf.

“Kami yakin even – even yang masuk KEN 2022 mampu memberikan semangat dan motivasi bagi penyelenggara even diseluruh indonesia. Even ini dapat diselengarakan tentunya dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin dan tetap berkoordinasi dengan satgas dan aparat setempat, dimana KEN merupakan bahagian dari salah satu pemulihan ekonomi nasional,Ucap Sandiaga Uno. (Wahyu/GMP)

0303012022

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Terbaru