by

“Baraja” Sumbar Launching Festival Kuliner Tradisional

-NATIONAL, NEWS-312 views

Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh Kepala Dinas Kebudayaan Drs.Syaefullah melaunching Festival Kuliner Sumatera Barat yang ditandai dengan pemukulan gendang tasa secara serentak oleh Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar Syaifullah bertempat di Auditorium Gubernuran Sumbar,Rabu (9/3/2022).

Selain dihadiri oleh Ketua Panitia Pelaksana Festival Kuliner Sumbar Wudi Hamdani, launching juga di hadiri oleh Vice President PT. Pos Indonesia Regional I Sumatera Dino Haryadi, serta Tokoh Perantau Minang Asril Ncik dan perwakilan komunitas UMKM yang ada di Sumatera Barat.

Ketua Pelaksana Festival Kuliner, Wudi Hamdani mengatakan ada empat produk kuliner yang diperlombakan di Festival Kuliner Sumbar yakni bumbu rendang, lompong sagu, ketan sarikayo, dan kripik balado.

Wudi menjelaskan alasan dipilihnya empat produk tersebut, pertama karena rendang sudah mendunia, kedua dan lompong sagu dan ketan sarikayo dipilih karena makanan khas Minang satu ini sudah terancam punah, ketiga keripik balado dipilih karena makanan yang terkenal saat ini.

“Hari ini pembukaan dari sejumlah kegiatan kuliner yang akan diselenggarakan beberapa hari ke depan,” ujarnya.

Wudi menyampaikan pendaftaran peserta akan dimulai Kamis (10/3/2022) sampai dengan Jumat (18/3/2022). Peserta yang mendaftar akan diseleksi hingga terpilih 5 finalis. Finalis yang terpilih akan bersaing di even besar kegiatan ini pada tanggal 30 Maret 2022.

Pada acara puncak nantinya akan diadakan live demo masak finalis. Pada event ini juga akan diundang peserta dari kabupaten/kota se Sumatera Barat untuk menghadirkan kuliner khas terbaik daerahnya.

“Selain itu juga ada perlombaan foto dan video untuk anak-anak muda kreatif milenial,” tuturnya.

Rencananya, rangkaian acara ini akan diadakan lagi setelah lebaran karena bertujuan untuk mengobati rindu para perantau dan para finalis dan UMKM juga akan diundang lagi pada ivent lebaran nanti.

Kepala Dinas Kebudayaan Sumatera Barat dalam sambutannya memberikan apreasiasi kepada panitia yang sudah mengangkat acara festival ini, sehingga kuliner Sumatera Barat yang sudah mulai dilupakan orang bisa dikembangkan kembali.

“Salah satu bentuk pelaksanaan dalam memajukan warisan budaya adalah dengan mengadakan festival seperti ini,” tegasnya

Ia juga mengatakan bahwa festival ini tidak berhenti hanya pada saat acara berlangsung saja. Selanjutnya, akan diadakan pembinaan-pembinaan pada terhadap UMKM supaya dapat berkembang menjadi lebih baik. Dirinya berharap agar Festival ini akan menjadi agenda tahunan sehingga bisa menghadirkan kembali kuliner-kuliner tradisional Sumatera Barat.

0210032022

Festival kuliner Sumatera Barat ini merupakan kolaborasi dari beberapa stakeholder, seperti PT Pos Persero, JNK, Pemprov Sumbar, Pemko Padang, Bank Nagari, Semen Padang, PERWIRA (Persatuan Wanita Pengusaha), ISMI (Ikatan Saudagar Muslim Indonesia).

Executive Vice Regional Pos 1 Sumatera, Dino Ariyadi, mengatakan akan ada beberapa kerjasama yang dapat dilakukan di masa mendatang, seperti menggratiskan pengiriman produk UMKM selama 3 bulan. Pos juga akan membuat satu aplikasi bersama Gebu Minang untuk mempermudah pelaku UMKM melakukan penjualan produknya.

Acara launching diakhiri dengan penyerahan randang dari Stakeholder ke Gubernur Sumbar dan Gubernur menyerahkan secara simbolis rendang ke Pos Indonesia yang selanjutnya akan dikirimkan ke Presiden Joko Widodo dan Menteri BUMN, Erick Tohir serta kepada Menteri Pariwisata, Sandiaga Uno.(Wahyu/GMP)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Terbaru