by

Baraja – Pelaku Ekraf Meriahkan Hari Jadi Kota Solok dengan Berbagai Perlombaan

Tepat tangal 16 Desember 2021 Kota Solok akan memasuki usia ke-51 Tahun. Untuk memeriahkan Hari jadi Kota Solok tersebut, Pemerintah Kota Solok melalui Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kota Solok akan menggelar sejumlah kegiatan perlombaan yang kegiatannya berkolaborasi antara UMKM,pelaku ekraf,komunitas kreatif,OPD terkait dan akademisi diantaranya ISI Padang Panjang dan Universitas Negeri Padang. Kegiatan tersebut nantinya dipusatkan di Taman Istiqlal Park Lapangan Merdeka Kota Solok, dari tanggal 15 – 18 Desember 2021.

Bidang Ekraf Dinas Pariwisata setidaknya sudah menyiapkan beberapa agenda untuk memeriahkan hari jadi Kota Solok, termasuk Kegiatan Festival Ekraf 2021 yang dikemas dalam beberapa bentuk rangkaian kegiatan diantaranya Pameran UMKM dan Ekraf serta festival maupun lomba seperti, seni pertunjukan tari kreasi minang yang dipusatkan di taman Istiqlal Park pada tanggal 18 Desember 2021, untuk kategori seni pertunjukan panitia mengambil tema bebas dengan kategori Tari Kreasi Minang, nantinya peserta remaja dengan usia 12 – 18 Tahun akan tampil pergroup sebanyak 3 – 5 orang dengan durasi 5 – 7 menit yang di iringi oleh musik Tekno.

02111221

Selain itu,Bidang Ekraf juga mengadakan Festival Fashion Show busana muslim kreasi yang terbuat dari produk lokal atau UMKM Kota Solok seperti Batik,Bordir,Songket dan sulaman. Peserta wajib mendaftarkan desain busananya serta sinopsis karya ke Bagian Ekraf Dinas Pariwisata Kota Solok mulai dari tanggal 1 – 13 Desember 2021,nantinya karya para peserta akan di tampilkan dihadapan para juri dan masyarakat yang bertempat di Taman Istiqlal Park pada tanggal 15 Desember 2021.

03111221

Untuk penunjang publikasi dan promosi pariwisata Kota Solok, Dinas Pariwisata mengadakan lomba Desain Logo dan Tagline  dengan mengambil tema Pariwisata dan kebudayaan yang mencerminkan nilai – nilai gotong royong,kearifan lokal dan masyarakat pertanian yang bermartabat. Bagi calon peserta dapat mengisi formulir yang di sediakan oleh Panitia di Dinas Pariwisata Kota Solok.pendaftaran dimulai tanggal 1 – 15 Desember 2021 dan pengumuman pemenang pada tanggal 18 Desember 2021 mendatang.

Kasi Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kota Solok,Patrisia Juwita,S.Sos saat dihubungi via handphone menjelaskan,seluruh kegiatan yang akan berlangsung merupakan serangkaian acara memeriahkan hari jadi Kota Solok dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat dan komunitas ekonomi kreatif yang ada di Kota Solok.

Sejumlah kegiatan ini akan dikemas lebih menarik dan berbeda dari perayaan hari jadi Kota Solok Tahun sebelumnya dan untuk menghindari kesan monoton. Tentunya persiapan Festival Ekraf ini telah dilakukan secara matang oleh tim kurator yang merupakan tokoh muda sekaligus Ketua Komunitas Gubuk Kopi dan Sekretaris BSCCN Kota Solok, Albert Rahman Putra. Tim ini yang membantu menyusun dan menentukan kriteria pemilihan kegiatan, hingga mengkaji dan menganalisis proposal kegiatan,sehingga dapat memberikan motivasi kepada masyarakat khususnya pelaku ekonomi kreatif untuk bangkit dari ketepurukan akibat pandemi covid-19,” Jelasnya.

Ketua Bareh Solok Creative City Network (BSCCN) Kota Solok,Mellya Fitri menyampaikan,kami selaku wadah dan gabungan dari beberapa pelaku ekonomi kreatif Kota Solok berterima kasih banyak kepada Pemerintah Daerah yang telah memfasilitasi serta mendukung bangkitnya Ekonomi Kreatif di Kota Solok.

Pandemi COVID-19 memberi tantangan yang sangat besar terhadap perekonomian masyarakat. Kerja sama atau kolaborasi antara pelaku ekonomi kreatif dikatakannya menjadi salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk dapat membuka peluang usaha dan menciptakan lapangan kerja. Kolaborasi ini adalah upaya kita untuk bekerja sama meningkatkan inovasi dan pokok pikiran, tapi juga membuka pikiran bahwa sejatinya kita tidak seharusnya untuk saling bersaing, tapi bersanding. Bukan saling berkompetisi, tapi berkolaborasi,” katanya.

Mellya Fitri juga menambahkan, Ekonomi kreatif pada dasarnya adalah bagaimana kita memberikan nilai tambah dan bisa memberikan semangat serta inovasi yang nantinya akan membuka lapangan kerja dan usaha. Melalui  festival ekonomi kreatif ini diharapkan dapat memotivasi para pelaku ekraf dan UMKM Kota Solok untuk lebih kreatif dan inovatif kedepannya,”ungkap Mellya.(Wahyu/GMP)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Terbaru