by

Baraja – 10 Maret Hari Wafatnya Gubernur Jendral Hindia Belanda Di Batavia Yang Ke-23

-NATIONAL, NEWS-153 views

Dirk van Cloon lahir di Batavia pada tahun 1684, merupakan Gubernur Jendral Hindia Belanda di Batavia yang ke-23 dan memerintah antara tahun 1732 – 1735. Ia lulus dalam bidang Hukum di Universitas Leiden pada tanggal 1 April 1707.

Di usia 50 tahun tepatnya tanggal 10 Maret 1735 Dirk Van Cloon meninggal dunia akibat mengidap penyakit malaria di Molenvliet (sekarang Jalan Gajah Mada) dekat Batavia.

Salah satu tugas utama dari Gubernur Jenderal Hindia Belanda ialah mengelola kongsi dagang yang ada di Hindia Belanda. Pada umumnya seorang gubernur memiliki pangkat tinggi, atau seorang gubernur utama dengan pangkat diatas gubernur yang biasa. Gubernur jenderal secara umum mengacu kepada seorang pemimpin yang ditunjuk oleh suatu monarki guna memimpin dan menguasai sebuah wilayah tertentu.
0222222

Oleh VOC dan pemerintah Kerajaan Belanda, para penguasa wilayah ini diberikan gelar gubernur jenderal. Sedangkan pada masa sebelum abad ke-20, oleh pemerintah Kerajaan Inggris jabatan ini disebut lieutenant governor ("gubernur letnan"). Di Kanada, Gubernur Jenderal juga disebut Gouverneur General dalam bahasa Prancis karena merupakan salah satu bahasa resmi di Kanada.

Saat ini, istilah "Gubernur Jenderal" umumnya digunakan lebih ke arah bekas koloni Kerajaan Britania Raya (dikenal dengan Kerajaan Inggris). Contoh negara yang dipimpin gubernur jenderal yaitu Kanada, Australia, Selandia Baru, Fiji, Papua Nugini, dan Tavalu.(Wahyu/GMP)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru