by

Universitas PGRI Sumatera Barat akan Berkolaborasi (MoU) dengan Bareh Solok Creative City Network (BSCCN)

Dinas Pariwisata Propinsi Sumatera Barat melaksanakan Forum Group Discussion (FGD) tentang Pemetaan dan Inventarisasi Usaha Ekonomi Kreatif berbasis MDI dan Seni Budaya, dengan tujuan menyediakan data yang terpilah berdasarkan masing-masing sub-sektor disetiap kab/kota di Sumatera Barat dalam bentuk buku dan aplikasi.

Forum Group Discussion (FGD) tersebut dilaksanakan Senin, 18 Oktober 2022 di Pangeran Beach Hotel/Pangeran Room Padang, yang dihadiri oleh Dinas Pariwisata dan Forum Lintas Komunitas Se-Sumatera Barat, Rektor Universitas PGRI Sumatera Barat dan tim, Korda Indonesia Creative City Network (ICCN), Sucofindo dan asosiasi/organisasi yang berkaitan dengan ekonomi kreatif.

Pemetaan dan Invetarisasi Usaha Ekonomi Kreatif ini dilakukan oleh pihak akademisi (Universitas PGRI Sumatera Barat) yang langsung dipimpin oleh Rektor, Prof. Dr. Ansofino, M.Si. Dalam tahap awal data yang dikumpulkan hanya usaha ekonomi kreatif yang berada di kawasan Daya Tarik Wisata Unggulan (DTWU) Sumatera Barat, sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Gubernur Sumatera Barat : Nomor: 556-575-2021 tahun 2021 tentang Penetapan 19 Daya Tarik Wisata Unggulan (DTWU) yang tersebar di kab/kota se Sumatera Barat. Salah satu syarat usaha ekonomi kreatif yang di inventarisasi adalah yang telah memiliki HaKI (Hak Kekayaan Intelektual). FGD tersebut berkembang, dan akhirnya menyatakan bahwa “salah satu pelaku ekraf yaitu komunitas yang berada di kabupaten/kota se-Sumatera Barat, juga akan diinvetarisasi oleh tim”.

Dan Rektor Universitas PGRI Sumatera Barat (UPGRISBA), juga menjelaskan bahwa “Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UPGRISBA mempunyai program untuk pendaftaran HaKI bagi pelaku ekonomi kreatif”. Dalam hal ini, Forum Lintas Komunitas Bareh Solok Creative City Network (BSCCN) yang dihadiri oleh Mellya Fitri sebagai ketua, menanggapi hal tersebut dengan menanyakan “Bagaimana cara kami berkolaborasi dengan LPPM UPGRISBA untuk pendaftaran HaKI bagi pelaku ekonomi kreatif di Kota Solok”.

Pihak Akademisi UPGRISBA langsung menawarkan kepada Bareh Solok Creative City Network (BSCCN) untuk MoU (Memorandum of Understanding), agar kolaborasi tersebut bisa terlaksana.

jujuju

“Bareh Solok Creative City Network (BSCCN) menyambut baik tawaran kolaborasi (MoU) dengan pihak Universitas PGRI Sumatera Barat, untuk terwujudnya kerjasama dalam pendaftaran HaKI bagi pelaku ekonomi kreatif di Kota Solok, karena dalam pengembangan ekonomi kreatif harus melakukan kolaborasi dengan beberapa stakeholder yaitu Akademisi, Bisnis, Komunitas, Pemerintah, Media dan Agregator (HEXA-HELIX). Kami dari BSCCN mengucapkan terima kasih kepada pihak Universitas PGRI Sumatera Barat dan MoU ini segera akan kami tindak lanjuti”ujar ketua BSCCN, Mellya.

Bareh Solok Creative City Network merupakan forum lintas komunitas yang berada di Kota Solok dan telah terdaftar di Indonesia Creative Cities Network (ICCN). (GMP-01)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Terbaru