by

Tugu Photocopy sebagai Pemersatu Perantau Nagari Atar

-NATIONAL, NEWS-249 views

Atar merupakan salah satu nagari yang termasuk ke dalam wilayah kecamatan Padang Ganting, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat. Nagari ini terletak di Selatan ibu kota Batusangkar dengan Jarak lebih kurang 20 Km. 

Hampir separuh penduduk di Nagari Atar adalah Perantau dan menjadi Pengusaha Photocopy hingga percetakan, tetapi ada juga bekerja sebagai petani dengan bercocok tanam di sawah maupun mengolah ladang. Selain menanam padi, masyarakat umumnya juga menanam karet dan hanya sebagian kecil penduduknya yang bekerja menjadi pegawai baik di pemerintahan maupun swasta.

Sebagian besar dari para perantau Nagari Atar banyak yang telah sukses di bidang usaha photocopy. Bahkan, sudah ada yang menjadi supplier dan importir mesin photocopy. Untuk mempersatukan para perantau ini, dibentuklah sebuah organisasi yang bernama IWATAR (Ikatan Warga Atar) dan anggotanya tersebar di beberapa kota di seluruh Indonesia. Para perantau juga mengumpulkan dana untuk perkembangan dan pembangunan Nagari Atar.

Karena banyaknya perantau yang berhasil membuka usaha photocopy, maka dibangunlah sebuah tugu yang menyerupai mesin photocopy di Nagari Atar dan diberi nama Tugu Photocopy yang diresmikan tanggal 21 Agustus 2012 oleh Bupati Tanah Datar pada masa itu dijabat oleh M Shadiq Pasadigoe. Tugu ini dibangun dari hasil sumbangan para pengusaha photocopy yang telah sukses di rantau. Tugu ini menjadi simbol atau ciri khas pemersatu antara perantau Nagari Atar yang telah tersebar di hampir seluruh Indonesia. Dengan dibangunnya tugu ini, masyarakat Nagari Atar yang ada di kampung berkeinginan supaya para perantau ingat akan kampung halamannya, tempat dimana mereka lahir dan dan dibesarkan. Bagi perantau yang telah sukses, mereka akan membawa anak dan saudaranya untuk di latih berusaha sampai sukses seperti mereka. (Wahyu/GMP)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru