by

Sinergitas Seni dan Olahraga Pertama Kali di Sumatera Barat

1

Diawali dengan Forum Group Discussion antara dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang dengan dosendosen Universitas Negeri Padang (UNP), yang dilaksanakan pada tanggal 11 Januari 2020 bertempat di Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) di UNP Padang. ISI Padang Panjang diwakili oleh Kurniasih Zaitun,M.Sn dengan tim lainnya memaparkan bagaimana hubungan Seni dengan Olahraga. Seni merupakan kerja kreativ yang diciptakan manusia mengandung unsur keindahan dan mampu membangkitkan hal yang dirasakan baik secara personal maupun yang dirasakan orang lain. 

Sedangkan olahraga adalah suatu bentuk kerja fisik yang terrencana dan terstruktur yang melibatkan gerakan tubuh berulang-ulang dan ditujukan untuk meningkatkan kebugaran. Berdasarkan hal tersebut, dapat ditarik kesimpulan antara seni dan olahraga sangat erat hubungannya dan sangat memiliki keterkaitan dalam proses kerja. Dalam gerakan olahraga, tanpa ada seni akan monoton dan senipun tanpa gerakan olahraga yang benar tidak akan bugar, bahkan dapat menyebabkan cedera.  
Dari hasil Forum Group Discussion tersebut terlahirlah suatu kerjasama antara ISI Padangpanjang, (Fakultas Seni Pertunjukan dan Fakultas Seni Rupa dan Desain) dengan Universitas Negeri Padang (Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Fakultas Psikologi) yaitu melakukan treatment, solusi dan resolusiterhadap penderita pobia air atau aquaphobia yang outputnya melakukan proses penanganan terhadap penderita aquaphobia, dalam bentuk treatment (penanganan secara pshikologi), solusi (melakukan proses penanganan air), resolusi (memberikan tontonan sekaligus terapi terhadap penderita pobia air).
Proses ini membutuhkan sinergitas dan intensitas kerja antara para dosen muda dari ISI Padangpanjang yang oleh Kurniasih Zaitun, M.Sn dan tim kreativ lainnya (Choiru Pradhono, Ali Sukri, Indra Arifin), dengan para dosen muda Universitas Negeri Padang yang dikoordinatori oleh Dr. Donie, M.Pd (Ketua Jurusan Fakultas Ilmu Keolahragaan) dan didukung oleh salah satu dosen Pshikologi Universitas Negeri Padang, Prima Aulia M.Psi. Kerja kolaborasi ini memberikan pembuktian bagi ke dua perguruan tinggi bahwa lintas disiplin menjadi kekuatan riset dan ruang kreativ lintas ilmu.
Sinergitas antara Seni dan Olahraga seperti ini menjadi tuntutan untuk para akademisi sekaligus profesional pelaku seni, olahragawan dan pshikologagar lebih kreatif dalam kolaborasi ilmu sekaligus menciptakan suatu karya yang luar biasa dan menjadi suatu tontonan terutama terapi bagi penderita pobia air. Kerja riset kolaborasi lintas disiplin ini sedang menjalani prosesnya. Semoga memberikan ruang baru bagi kemajuan ilmu pengetahuan di bidang psikologi seni, dan olahraga dengan menarik issue treatment, solusi dan resolusi bagi penderita aquaphobia. (Mellya/GMP)
1
2
4

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru