by

Sharing Session Pemenang FPP International Virtual Tour Competition

Event ini diselenggarakan oleh Fakultas Pariwisata dan Perhotelan dimulai sejak 1 Oktober 2020. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk aksi nyata FPP dalam menyelenggarakan kepariwisataan dengan tetap mengutamakan protocol kesehatan selama pandemic Covid-19. Pariwisata merupakan salah satu industri yang terpuruk akibat Covid-19, sehingga perlu ada kesadaran dari para pengelola atraksi melalui akademisi untuk menunjukkan kepedulian bersama. Tema even ini adalah “(re)start tourism during Covid1-19”, ketika masyarakat masih takut berwisata, event ini mengajak untuk berwisata dengan kondisi yang berbeda. Event ini merupakan kelanjutan dari FPP Virtual Tour Competition bagi seluruh mahasiswa FPP yang telah dilakukan pada bulan Agustus 2020.

Kegiatan ini terdiri dari beberapa sub tema, antara lain: bidang pariwisata, bidang kuliner, bidang kecantikan, bidang busana, dan bidang kebudayaan. Event ini diikuti oleh beberapa perguruan tinggi, seperti Universitas Dian Nuswantoro Semarang, Universitas Negeri Semarang, Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, dan Politeknik Negeri Lampung. Dari 120 peserta yang mendaftar, diperoleh 21 video yang masuk nominasi untuk ditampilkan pada IGTV BEMKM FPP.

Pada tanggal 15 November 2020 telah dilakukan penjurian oleh Dr. Donny Latief, M.Sc (dari Universitas Utara Malaysia), Dr. Retnaningtyas Susanti, M.Sc. (Peneliti Pariwisata, UNP), Maltha Kharisma, M.Pd. (Desain Komunikasi Visual, UNP), dan Sukma Yudhistira (Pakar Bahasa Inggris, UNP). Hasil penjurian selama event memberikan hasil juara 1, juara 2, juara 3, juara harapan 1, juara harapan 2, juara viewers terbanyak, dan juara likes rerbanyak. Pengumuman pemenang dilaksanakan pada tanggal 17 November 2020 dan diikuti dengan sharing session dari juri dan para pemenang tentang kualitas video yang diberikan serta konsep video yang dikompetisikan. Event ditutup oleh wakil dekan III fakultas pariwisata dan perhotelan Dr. dr. Linda Rosalina, S.Ked., M.Biomed., didampingi oleh Ketua Panitia Adek Kurnia Fiza, S.St.Par., M.Par. Panitia yang terlibat mendukung acara ini adalah M. Oscar, Erika, Tiara, Alvin, Ikhwan, Angga, dan Kevin.

Pemenangnya antara lain :

Juara 1 : Nida Farihah (Universitas Pendidikan Indonesia)

2

Juara 2 : Nelly Styowati Anggraeni (Universitas Negeri Semarang)

Juara 3 : Wahyudi (Universitas Negeri Padang)

Juara Harapan 1: Muammad Zuharmando (Universitas Negeri Padang)

Juara Harapan 2: Stefania Aglyn Ayudya (Universitas Dian Nuswantoro)

3

View terbanyak : Kamilatul Khafidoh (Universitas Negeri Semarang)

Like terbanyak : Awfa Viadi Kusnadi (Universitas Pendidikan Indonesia)

Hadiah: total 10, 5 juta rupiah

Juara 1 : Rp. 3 Juta

Juara 2 : Rp. 2,5 Juta

Juara 3 : Rp. 2 Juta

Harapan 1 : Rp. 1 Juta

Harapan 2 :  Rp. 800 Ribu

Likes : Rp. 600 Ribu

Viewers : Rp. 600 Ribu


(Tyas/FPP-UNP)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru