by

“Rumah Tamera” Creative Hub Pertama di Kota Solok

Kota Solok merupakan kota kecil yang terdiri dari 2 (dua) kecamatan dan 13 (tiga belas) kelurahan. Perkembangan sektor ekonomi kreatif dikota ini sangat tinggi, dengan munculnya komunitas-komunitas kreatif dan para pelaku ekonomi kreatif dari berbagai sektor.

Dalam perkembangan tersebut, yang menjadi masalah bagi komunitas - komunitas/sanggar - sanggar di Kota Solok adalah belum tersedianya ruang kreatif untuk para pelaku ekonomi kreatif dan pelaku seni. Oleh sebab itu, Komunitas Gubuak Kopi membuat ruang kreatif yang diberi nama “Tanah Merah Space” dan berganti nama menjadi “Rumah Tamera”.

2

Rumah Tamera ini merupakan Creative Hub pertama di Kota Solok, yang berdiri pertengahan tahun 2019 dan beralamat di Jalan Lingkar Utara, Kelurahan Kampung Jawa, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok.

Rumah Tamera adalah ruang alternatif untuk kegiatan kreatif warga Kota Solok secara khusus, dan Sumatera Barat secara umum. Saat ini ruang baru ini masih berbenah. Dikelola secara gotong royong oleh Komunitas Gubuak Kopi dan seniman, penulis, creator muda di Kota Solok.

Ruang ini terbuka bagi pekerja kreatif untuk mempresentasikan ide-ide kreatifnya, ataupun menyelenggarakan kegiatan. Tengah dilengkapi sejumlah fasilitas untuk mendukung kegiatan pameran, pertunjukan, dan penayangan film.

Oleh sebab itu, Komunitas Gubuak Kopi mengajak para pelaku seni dan pelaku ekonomi kreatif untuk berkolaborasi dan memanfaatkan “Rumah Tamera” ini. Komunitas Gubuak Kopi merupakan komunitas nirlaba yang berdiri sejak tahun 2011. Komunitas ini bergerak dibidang seni media dan ekonomi kreatif, serta mempunyai beberapa program seperti : Daur Subur, Remaja Bermedia, Sinema Pojok, Solok Milik Warga, dan lainnya. (Mellya/GMP)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru