by

Pameran Kurun Niaga Komunitas Gubuak Kopi, “Resmi Dibuka”

ss

Pameran Kurun Niaga yang dilaksanakan mulai tanggal 25 – 30 Oktober 2019 bertempat di Gedung Kubuang Tigo Baleh resmi dibuka oleh Bapak wakil Walikota Solok, yang dihadiri oleh Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam hal ini diwakili oleh Drs. Edy Suwatdi, M.Hum, Kepala Sub. Direktorat Pemanfaatan Sejarah, Direktorat Sejarah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Staf Ahli Walikota Bidang Kemasyarakatan, Lembaga Adat, Ketua PKK, DW, Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kota Solok serta Guru dan Siswa/i SD di Kota Solok.

sss

Pameran ini terlaksana atas kerja sama Komunitas Gubuak Kopi dengan Direktorat Sejarah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, dan didukung oleh Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Pariwisata Kota Solok. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan penerapan nilai-nilai dan pemahaman akan sejarah kebudayaan lokal melalui peristiwa kesenian, yang berbasis riset dan kolaborasi, memberikan model keragaman media dalam memahami sejarah sebagai bagian dari dinamika kebudayaan dan seni sebagai metode riset.

ssasa

Kegiatan  in melibatkan 12 orang seniman dan 12 kelompok yang terdiri dari seniman, penulis, peneliti dan pelaku ekonomi kreatif yang aktif serta memiliki ketertarikan merespon isu dan arsip sejarah yang ada di Sumatera Barat. Para Partisipan selama 30 hari akan mengkaji dan merespon tema yang diusung. Secara bertahap membaca dan membedah koleksi arsip, membaca ulang hasil riset yang telah dimulai oleh Gubuak Kopi sejak 2016 lalu, tentang jalur transportasi di Sumatera Barat, serta hubungannya dengan persoalan-persoalan kontemporer di Sumatera Barat hari ini. (Mellya/GMP)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru