by

Galundi Singkarak Festival

Galundi Singkarak Festival adalah festival rakyat anak Nagari Batu Taba yang mengkolaborasikan, mempertemukan dan menyatukan berbagai aktifitas kreasi seni budaya Minangkabau dengan hasil olahan pertanian, perkebunan, dan perikanan dalam satu peristiwa bersama di Nagari Batu Taba, Tanah Datar, Sumatera Barat.

Dalam menyambut dan memeriahkan Hari Sumpah Pemuda, maka dengan mengusung Tema “ Pemuda untuk Nagari” pada 26 dan 27 Oktober 2019 event budaya ini dihelat di tepian Galundi, Danau Singkarak, Nagari Batu Taba untuk pertama kalinya.

Akan disajikan berbagai materi acara, diantaranya ada:

1. Pementasan Seni sanggar anak-anak dari berbagai kabupaten di Sumatera Barat. Ada 8 sanggar anak-anak yang akan berpentas.

- sariek sarumpun
- bintang harau
- sanggar puti ambang bulan
- official_kiekseiland
- kurenah budaya
- junjuang siriah
- saraso badunsanak
- sanggar seni art indas

2. Pacu Biduak (sampan) antar pemuda/i.

3. Turnamen Sepak Bola lumpur.

4. Atraksi Silek (silat) dari anak Nagari Batutaba.

5. Permainan tradisional anak-anak.

6. Pertunjukan Randai.

7. Tidak lupa sajian kuliner khas Nagari Batu Taba dan Minangkabau, seperti olahan ikan bilih, pensi, pangek sasau, dan makanan khas rumahan lainnya yang mengundang selera.

Event ini dipelopori oleh pemuda dan masyarakat Nagari Batutaba, didukung penuh oleh Pemerintah Nagari Batutaba beserta lembaga unsur lainnya yang ada di kanagarian Batu Taba. Selain itu, event ini juga didukung oleh berbagai komunitas anak muda yang ada di Payakumbuh, Lembah Harau, Agam, Bukittinggi dan Batusangkar. (Wahyu/GMP)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru