by

Berwisata ke Puncak Lawang

Bagi yang ingin liburan sambil menikmati alam, tempat wisata yang satu ini bisa menjadi target untuk dikunjungi.  Lawang Adventure Park Agam atau bisa juga disebut Lawang Park merupakan taman wisata dataran tinggi di Sumatera Barat. Terletak di Jorong Batu Basa, Kenagarian Lawang, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam.

Tempat wisata pergunungan ini mempunyai ketinggian rata-rata 1250 mdpl, bersuhu sekitar 16-29 derajat celcius, dengan luas area kurang lebih 15 Ha. Lahan seluas itu di antaranya efektif digunakan untuk kegiatan wisata, selebihnya adalah kawasan hutan sekunder. Lawang Park  dirilis sejak penghujung tahun 2009.

Keindahannya bisa mengobati kelelahan, dihiasi dengan pemandangan full-view Danau Maninjau adalah ciri khas/icon Lawang Park yang sudah mendunia. Bagi yang hobby selfie tak akan cukup waktu untuk meabadikan keindahan alamnya. Di bentangan rumput yang menghijau sudah disediakan properti, seperti meja dan kursi taman. “Second place of Swedia” demikian kata sebagian turis mancanegara, karena lokasi ini juga dapat dijadikan sebagi tempat kegiatan olahraga paralayang yang telah mendunia.

Lawang Adventure Park Agam dibuka 24 jam, karena tempat wisata ini menyediakan penginapan dengan konsep dormitory beberapa kamar yang dilengkapi air hangat yang dapat menampung peserta 150 orang, dilengkapi musholla, ruang pertemuan (daya tampung 150 orang), dan sound system, alat-alat band, fasilitas karoke family room, gazebo dengan view full Danau Maninjau.

Selain view Danau Maninjau, ada juga spot foto alam yang memiliki banyak tanaman hijau dan bunga. Tanaman yang tumbuh dibuat teratur sehingga tidak membosankan. Di tengah-tengah taman ada rumah unik yang bentuknya seperti hobbit tetapi lebih modern.

hyhythththyt

Ada juga perahu besar yang terbuat dari susunan bambu yang dihiasi dengan ban bekas. Ujung perahu yang menuju ke danau akan memberi foto dengan background Danau Maninjau. Sayang, perahu ini hanya bisa ditempati maksimal 2 orang pengunjung karena kondisinya sudah mulai lapuk.

Sebagai  tempat wisata pergunungan yang jauh dari pemukiman penduduk, cukup sulit menemukan bus umum yang menuju ke lokasi. Perjalanan yang lebih kurang 3 jam dari Kota Padang ini bisa dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi, seperti motor atau mobil. Alternatif lain bisa menyewa paket tour yabg akan dijemput di kota dengan include fasilitas lainnya, seperti penginapan dan makan.

Yang penasaran ingin mengunjungi Lawang Park, cukup mengeluarkan uang Rp 20.000 per orang untuk tiket masuk di hari Senin-Sabtu, dan Rp 25.000 untuk Hari Minggu. Tiket tersebut tidak dibatasi usia, harganya sama untuk dewasa maupun anak-anak. Namun, harga tiket dapat mengalami perubahan seaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran.

Tapi, percayalah ... pesona yang diberikan jauh lebih bernilai dibandingkan  dengan tiket karcis yang sudah dikeluarkan.(Yuda Amelia Winta.S.Pd/Guru SMA 1 Gunung Talang)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru