by

Berwisata Ke Pulau Belibis Kota Solok

-Selebriti-522 views

Liburan adalah salah satu cara paling jitu untuk melepas stres akibat rutinitas dan pekerjaan yang menjemukan. Jika melewati atau singgah di Kota Solok terasa tidak lengkap rasanya jika kita tidak mengunjungi tempat rekreasi bersama keluarga tercinta atau orang terdekat, salah satunya yaitu Pulau Belibis yang beralamat di Ampang Kualo Kelurahan Kampung Jawa, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok, Provinsi Sumatera Barat.

Lokasi Pulau belibis tersebut letaknya memang sangat strategis dan sangat gampang untuk di temukan oleh pengunjung yang baru saja datang ke Kota Solok karena tempatnya sangat berdekatan dengan lapangan pacuan kuda Ampang Kualo. Pulau Belibis hanya berjarak 2 Km dari Pasar Raya Solok, jika kita mau menuju ke lokasi tersebut Ambil saja jalan ke pacuan kuda Ampang Kualo dari depan SMPN 1 Kota Solok atau dari samping rumah dinas Wakil Walikota Solok arah ke kanan, sampai di jalan rel kereta api belok kiri dan terus saja lurus ke atas dengan tanjakan jalan ringan. Bila pengunjung datang dari arah Danau Singkarak dapat melewati pertigaan menjelang Kodim 0309 dengan mengambil belokkan ke arah kiri, nantinya kita akan melewati sebuah sekolah SMAN 3 Kota Solok dan dengan jarak sekitar 500 M kita akan langsung sampai dilokasi.

Saat kita sampai di lokasi Pulau Belibis, pengunjung dapat menikmati tempat untuk berakhir pekan atau bersantai bersama keluarga, diantaranya Taman Pramuka. di Taman Pramuka ini pengunjung dapat bersantai sambil menikmati tiupan angin dan sejuknya bersantai di bawah rindangnya deretan pepohonan Akasia sambil menikmati keindahan Pulau Belibis. Pada tempat yang kedua yaitu diseberang telaga pengunjung dapat juga menikmati berbagai wahana permainan dengan melewati sebuah jembatan untuk menuju Pulau Belibis,  di lokasi ini pengunjung bersama keluarga dapat bermain ayunan,bola air,bermain out bound berupa flying fox dan menunggani kuda, bagi pengunjung yang hobby memancing di lokasi tersebut juga menyediakan kolam pancing yang cukup besar.

Dahulunya Pulau belibis merupakan sebuah telaga kecil yang memiliki sebuah pulau di tengahnya,air di telaga pulau belibis dapat mengairi lahan pertanian masyarakat yang terdapat di kawasan gurun bagan yang terletak di bawah kawasan pulau belibis tersebut. konon Pulau Belibis merupakan sebuah telaga yang mampu menampung air resapan dengan jumlah yang cukup besar dan tak pernah kering walaupun di musim kemarau tiba. Sehingga dasar tanah di telaga tersebut berawa dan banyak hidup tumbuhan air dengan jenis mansiang dan teratai. jadi tidak heran pada saat itu banyak di jumpai habitat burung belibis berkembang biak di lokasi tersebut. Akibat tidak terjaganya pulau belibis dengan baik sehingga membuat burung belibis tersebut berpindah ketempat lain yang di sebabkan habitatnya selalu di buru oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.(Wahyu/GMP)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru