by

BCB Kota Solok : Lumpang Batu Inyiak Gulambai

Kota Solok mempunyai beberapa benda cagar budaya, salah satunya Lumpang Batu Inyiak Gulambai Situs ini beralamat di Jalan Letnan Jamhur No. 91, Kelurahan Aro IV Korong, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok. Dan Orbitrasi situs (km) yaitu ± 1 km. Aksesibilitas situs ini dengan menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua.

Secara historis, dinamai Lumpang Batu Inyiak Gulambai karena pemiliknya inyiak Gulambai. Inyiak Gulambai adalah seorang yang suka berkelana ke nagari-nagari yang ada di Minangkabau, dengan berpakaian kumal dan bertingkah aneh, yang tujuannya untuk menguji akhlak masyarakat di nagari yang dikunjungi pada masa itu. Menurut kepercayaan masyarakat, dulunya Lumpang Batu Inyiak Gulambai selalu penuh berisi air yang digunakan untuk penangkal api bila terjadi kebakaran, sehingga apinya tidak menyebar kemana-mana.

Secara arkeologis Lumpang Batu Inyiak Gulambai terdiri dari dua buah lumpang batu. Sama halnya dengan Lumpang Batu Baidung, lumpang batu ini terbuat dari batu andesit dan tidak ada pengerjaan pada batunya, memanfaatkan salah satu permukaan batu yang datar sebagai media untuk membuat lubang pada lumpang batu tersebut. Saat ini lokasi Lumpang Batu Inyiak Gulambai telah diberi pagar keliling sebagai pelindung oleh Pemerintah Kota Solok. Diperkirakan lumpang ini berusia lebih dari 100 tahun.

Lumpang ini mempunyai ukuran :

Lumpang I : 75 cm x 66 cm, Tinggi: 23 cm,

diameter lumpang: 36 cm

Lumpang II : 64 cm x 60 cm, Tinggi:18 cm,

diameter lumpang: 23 cm


(Mellya/GMP)

Sumber : Arsip DPORKP 2016.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru