by

Baraja – “Rumah Suhey” Salah Satu Creative Space di Kota Solok

Kota Solok merupakan kota yang terletak dipersimpangan untuk menuju daerah lain, dan juga mempunyai daya tarik wisata dan berbagai macam kreatifitas anak mudanya.

Daya tarik wisata yang dimiliki oleh kota ini seperti : daya tarik wisata alam, daya tarik wisata sosial budaya dan daya tarik wisata minat khusus (agro wisata).

Agro wisata yang menjadi prioritas utama pada saat ini yaitu Agro Wisata Batu Patah Payo.

Kreatifitas anak muda Kota Solok juga sangat berkembang dan lebih inovatif, terbukti dengan berdirinya beberapa komunitas, sanggar yang mempunyai berbagai macam program kegiatan.

Tujuan dari daya tarik wisata dan kreatifitas anak muda tersebut adalah meningkatkan angka kunjungan ke Kota Solok, sehingga terjadi pertumbuhan ekonomi dimasyarakat.

Untuk meningkatkan ekonomi masyarakat tersebut, dengan cara kolaborasi antara pemerintah, akademisi, bisnis, komunitas/masyarakat dan media (pentahelix). Salah satu bentuk kolaborasi tersebut yaitu dengan berdirinya “Rumah Suhey” yang merupakan Creative Space di Kota Solok.  

Rumah Suhey adalah sebuah galeri yang memajang hasil karya seni, produk ekonomi kreatif dan UMKM yang ada di Solok, khususnya dan Sumatera Barat pada umumnya. Beralamatkan di Jalan Tandikat No.377 Simpang Sigege Kota Solok.

0225092021

Beberapa produk dari rumah suhey, seperti : tikar, pajangan dinding, sajadah, sandal yang terbuat pandan. Pot bunga, cluth, tas yang terbuat dari mensiang. Bumbu rendang, kopi asnel, kerupuk kulit, keripik kentang paru dan lainnya.

Produk tersebut merupakan hasil dari UMKM dan ekonomi kreatif unggulan di Sumatera Barat, yang juga dikolaborasikan dengan warga binaan lapas Solok.

Untuk sementara, konsumen produk dari “Rumah Suhey” berasal dari luar propinsi dan bahkan sampai keluar negeri.(Mellya/GMP)

0425092021

Pajangan dinding

0725092021

Makanan (Kuliner)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru