by

Baraja – Pasir Tikalak Beri Keindahan Danau Singkarak

-DESTINATION-251 views
Salah satu tempat wisata yang tidak kalah menariknya untuk dikunjungi di Danau Singkarak dan sangat cocok untuk wisata keluarga dengan kondisi pinggiran danau yang cukup dangkal dan sangat aman untuk berenang bagi anak – anak, adalah Tanjuang Lurah, Jorong Pasie, Nagari Tikalak Kecamatan X Koto Singkarak. Untuk menuju lokasi tersebut akan menempuh perjalanan sepanjang sekitar 20 kilometer dari Kota Solok dan jika pengunjung datang dari ombilin maka akan menempuh jarak sekitar 18 Kilometer. Tepatnya terletak didepan Kantor Walinagari Tikalak atau jalan lintas sumatera yang menghubungkan jalur Solok – Ombilin.
02120321

Selain aman untuk berenang dilokasi itu pengunjung akan di suguhi banyaknya ikan endemik Danau Singkarak yang sangat terkenal yaitu ikan bilih yang hanya ditemukan dan menjadi populasi ikan terbesar di Danau Singkarak. Ikan dengan nama latin Mystacoleuseus Padangensis memiliki ukuran sedikit lebih besar dari ikan teri, berbentuk lonjong dan pipih dengan panjang 6-12 centimeter.

03120321
Danau Singkarak merupakan salah satu hasil dari proses tektonik yang dipengaruhi oleh Sesar Sumatera. Danau ini adalah bagian dari Cekungan Singkarak-Solok yang termasuk di antara segmen dari Sesar Sumatera. Cekungan dari danau ini terbentuk dari sebuah amblesan yang disebabkan oleh aktivitas pergerakan Sesar Sumatera. Cekungan besar ini terbendung oleh material vulkanik dari letusan gunung api sekitarnya. Akibat pembendungan material vulkanik ini terbentuklah Danau Singkarak di satu bagian Cekungan Singkarak-Solok. Berbeda dengan Danau Maninjau yang terbentuk akibat letusan gunung api, Danau Singkarak terbentuk utamanya karena proses tektonik.(Wahyu/GMP)
04120321

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru