by

Baraja : “Lebaran dan Pandemi”

-NEWS-268 views

Sejak dinyatakan bulan Maret 2020, bahwa covid-19 telah masuk ke Indonesia. Maka terjadilah perubahan yang sangat drastis seperti proses belajar mengajar tidak secara tatap muka lagi, para karyawan bekerja dirumah (Work From Home), sholat berjamaah di Masjid pun tidak dibolehkan, serta banyak juga terjadi PHK bagi karyawan swasta, usaha kecil dan menengahpun banyak yang sudah tutup.

Semua dilakukan untuk memutus rantai penyebaran coronavirus tersebut. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan oleh pemerintah sudah dilaksanakan sejak bulan april dan sampai saat ini. Bahkan dibulan Ramadhan, pelaksanaan sholat tarwih juga dirumah.

Lebaran kali ini sangat berbeda, karena Sholat Ied Idul Fitri dilaksanakan dirumah masing-masing dan tanpa silaturahmi dari rumah ke rumah. Semua dilakukan hanya melalui sosial media. Bahkan Suara takbiran di masjid pun tidak terdengar. Para perantau tidak dijinkan pulang.

Tim medis serta gugus tugas tidak bisa berkumpul dengan keluarga, karena merawat pasien pandemi serta menjaga dan mengawasi aturan yang telah dibuat oleh pemerintah untuk Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Para relawan pun ikut berpartisipasi dalam hal ini, seperti penyemprotan desinfektan ke tempat-tempat umum, rumah ibadah, perkantoran, rumah-rumah masyarakat. Dan sampai saat ini, sudah banyak tim medis yang berguguran.

Dengan belum adanya vaksin yang bisa mengobati covid-19 ini, maka bisa kita lakukan dengan menjaga imunitas tubuh, dengan cara : cukup tidur, konsumsi makanan sehat, konsumsi multivitamin, olahraga dirumah, kendalikan stres, berhenti merokok, alokasikan waktu untuk berjemur dibawah sinar matahari, dan jauhi lemak jahat.

Harapannya masyarakat memahami aturan yang dibuat oleh pemerintah, serta menjaga jarak dengan orang lain (social distancing), agar virus ini tidak meningkat penyebarannya. Mari kita semua menjaga dan melaksanakan peraturan yang ada.(Mellya/GMP)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru