by

“Baraja” Al-Quran Terbesar di Dunia Terbuat dari “Kayu Tembesu”

-NATIONAL, NEWS-137 views

Gagasan pembuatan Al-Qur’an terbesar ini tercetus pada tahun 2002, setelah Ust. H. Syofwatillah Mohzaid merampungkan pemasangan kaligrafi, pintu dan ornamen Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang Sumatera Selatan.

Disaat beliau memandangi kaligrafi karyanya yang terukir dijendela samping imam, ditengah malam bulan suci Ramadhan tersebut Ust. Opat tertidur dan bermimpi membuat mushaf Al-Qur’an dari kayu seperti kaligrafi yang ia buat dijendela dan pintu Masjid Agung tersebut.

021801

Dari situlah terpikir dan langsung dimulai menulis dan membuat Mushaf Al-Qur’an dengan ornamen dan ukiran khas Palembang.  Karena dari malam Ramadhan, tergambar dalam pikiran Ust.Opat sebuah Al-Qur’an raksasa yang terbuat dari kayu dan menjadi mushaf yang terbesar di dunia, yang diberinama dengan Al-Qur’an Al-Akbar.

Al-Qur’an Al-Akbar merupakan Al-Qur’an terbesar di dunia yang terletak di Pondok Pesantren Al Ihsaniyah Gandus Palembang, Sumatera Selatan. Al-Qur’an yang terdiri dari 630 halaman juga dilengkapi dengan tajwid serta do’a khataman bagi pemula.

031801

Al-Qur’an Raksasa ini pertama dan terbesar serta pertama di dunia dalam bentuk Al-Qur’an 30 Juz, yang dibuat dalam media dari kayu berjenis tembesu dan menghabiskan kurang lebih 40 meter kubik kayu tembesu.  Dimana masing-masing lembar ukuran halamannya 177 x 140 x 2,5 sentimeter dan tebal keseluruhannya termasuk sampul mencapai 9 (sembilan) meter.

041801

Setiap lembar terpahat ayat suci Al-Qur’an pada warna dasar kayu coklat dengan huruf arab timbul warna kuning dengan ukiran motif kembang dibagian tepi ornamen khas Palembang yang sangat indah dipandang dan enak dibaca. Proses pembuatannya sekitar 7 (tujuh) tahun.

Peresmian penggunaan Al-Qur’an yang disebut sebagai Al-Qur’an terbesar yaitu pada tanggal 30 Januari 2012, yang diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yhudoyono bersama seluruh delegasi konferensi parlemen Organisasi Konferensi Islam (OKI).

051801

Sekarang ini, Al-Qur’an Al-Akbar menjadi salah satu daya tarik di Palembang yaitu Wisata Religi. Kunjungan para wisatawan cukup banyak setiap minggunya. (Mellya/GMP)

061801

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru